Thursday, October 15, 2020

0

Tentang Bahasa Indonesia (lagi)

 


Betapa ku ingin membicarakan Bahasa Indonesia lagi…

Bias ogut terhadap Bahasa Indonesia sejak dulu-dulu emang udah keliatan, khususnya pada saat ujian/ulangan. Alhasil, belajar sebelum ulangan mapel Bahasa Indonesia akan lebih mantap persiapannya daripada sebelum ulangan ekonomi atau PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup). Padahal ujiannya butuh baca doang tapi apa mau dikata, kalo udah pilih kasih yasudah.

Mulai dari buku catatan, buku tugas, portofolio kalo buat mapel Bahasa Indonesia dibikin serapih mungkin sampul dan tulisan tangannya. Apalagi kalo ada tugas atau “ngambil nilai” buat musikalisasi puisi atau nulis essai dari cerpen/novel yang disuruh baca, bukan main perfeksionis sekali ogut ngerjainnya.

Dari situ mau wacana ambil Pendidikan Bahasa Indonesia buat jadi guru dan the idea of ngajar kayaknya seru juga tapi ya cuma sekedar keinginan doang. Sempet juga mau ambil jurnalistik hanya bermodal suka sama berita. Iya, apa banget gue ya. Kepikiran agak lama tentang kuliah sastra, apa aja bahasanya tapi pilihan pertama selalu Bahasa Indonesia. Dulu nganggepnya suka Bahasa Indonesia udah pasti bikin jiwa ogut nasionalis, naif banget gue, kalo liat keadaan sekarang jadi ogah nyebut-nyebut nasionalis.

Lalu, semakin nambah umurnya, makin nambah juga pemahaman yang asalnya dari sana sini. Lama-lama berbahasa Indonesia entah kenapa jadi canggung. Canggung ketika mindset bocah SMP yang mikir kalo apa-apa pake Bahasa Inggris itu lebih keren. Punya pemikiran kalo baca Harpot, Narnia, Charlie and The Chocolate Factory sama The Little Prince in english itu edgy sekaleh, ya emang seru, tapi alasan awal baca adalah biar keliatan ga ketinggalan zaman.

Walaupun udah ada campur tangan Bahasa Inggris yang lebih mendominasi di setiap kegiatan yang ada, gue masih kebiasaan corat-coret bikin puisi di kertas soal ujian pas udah kelar ngerjain nunggu bel selesai, masih berusaha catch up baca novel klasik Buya Hamka atau Ayu Utami, masih baca kumpulan cerpen Kompas, masih seru nyari buku puisi yang kertasnya udah cokelat di perpustakaan, ironisnya sembari dengerin K-pop dan High School Musical.

Ada masanya ketika gue melabeli diri jadi K-Pop-ers sejati, nulis fanfiction adalah hal yang valid untuk berhalu ria. Dari situ, makin keasah kebiasaan merangkai kata yang baku buat dijadiin kisah cinta maksa seorang fans ke idol. Sungguh itu otak cuma mikirin plot meet-cute, cara meromantisasi segala hal dan mengabaikan logika orang biasa bisa-bisanya pacaran sama artis Korea, mana idol pula lol.

Masuk ke SMA, udah ga bikin fanfiction lagi karena fokusnya udah beda. Tujuannya adalah bikin novel. Timpang banget goal-nya dari FF ke novel, selain itu udah mager fangirling dan lebih dengerin penyanyi Korea yang ballad khususnya. 

Niatnya mau bikin novel tapi lama-lama jadi kaya curhat soalnya idenya kepotong-potong gitu. Nah dari curhat inilah tercetuskan all-in-english karena nampaknya kalau Bahasa Indonesia dijadikan alat untuk mengekspresikan perasaan asli akan geli dan menye-menye sekali. Jadi, satu buku jurnal isinya Bahasa Inggris yang ternyata saat lanjut ke masa kuliah semua tulisan gue jarang banget ada Bahasa Indonesia-nya. Bahkan bikin puisi aja sekarang pake Bahasa Inggris. Hadeuh.

Anyway, ga enaknya ngomong sendiri dan dijadiin tulisan ya gini. Gue-gue juga yang baca tapi kalo ga nyambung dari paragraf satu ke yang berikutnya bikin gregetan juga. Dari kemarin tuh udah ngebet banget mau nulis tapi gue bingung apa yang patut dibicarakan PLUS patut pula di publish di blog. Karena banyak sekali tulisan gue yang sama sekali tidak akan lulus proses screening oleh diri gue sendiri untuk ditempel di internet, karena… sayang aja…

Dua halaman buat blog termasuk udah banyak, ini tulisan juga udah selesai dari semalem terus gue tinggal tidur. Pas dibaca kembali, agak kurang sreg buat asal-asal publish. Akhirnya ku merevisi dari tadi magrib hingga sekarang.

All this effort, ada gunanya emang?

Ke orang sama sekali engga deh kayaknya. 

Namun setidaknya buat gue di masa sekarang hal beginian terasa tak ternilai. Gue dengan segala negative thinking tentang betapa malangnya semua nasib orang-orang di dunia ini, masih punya bukti kalau ada satu dua hal yang bikin manusia bisa bertahan dan satu yang bikin gue bahagia adalah ini... ya saat nulis. 

Menemukan pleasure yang bikin pusing adalah satu jawaban yang alhamdulilah-nya bisa terjawab dari banyak pertanyaan di otak yang terbatas ini. Cara menabung gue yang berhasil bukan nabung uang, tapi nabung tulisan. Uang emang kalo dikumpulin bisa bikin khayalan jadi kenyataan, kalo tulisan ditabung gue juga kaga tau bakal jadi apa.

Menyadari bahwa sudah panjang sekali tulisan ini, daripada tambah bercabang, lebih baik aku mendokumentasikan kata-kata Bahasa Indonesia yang bikin ogut sadar kalo value Bahasa Indonesia masih tinggi dipemahaman gue saat ini sebagai anak yang suka bahasa. 

Tujuan itu pula yang menjadi awal ide nulis hari ini, eeh malah bikin rangkaian pendahuluan yang panjang amat dan nampaknya mirip-mirip tulisan gue yang tentang Bahasa Indonesia juga.

SO! Setelah ter-distract dengan segala Pop Culture dan Hallyu Wave, selalu ada cara untuk kembali ke “Adat” sendiri. Kalau disebutkan, film Indonesia yang gue suka cuma 4, Petualangan Sherina, Perempuan Berkalung Sorban, AADC, dan 5cm. Keempat empatnya kalo ditonton ulang cringe banget astagfirullah tapi yah… seenggaknya itu yang masih lumayanlah.

Akan ada juga waktu-waktu di mana mau dengerin Tulus atau Afgan seharian atau tiba-tiba inget tante Titi DJ, Melly Goeslaw dan Krisdayanti yang lagunya kadang ke-play sendiri di dalem otak. Dengerin lagu Indonesia lama itu kaya dipeluk akrab sama kenangan yang ngeblur abu-abu tapi bikin hati tentram dan familiar, sudah pasti tanpa sadar hapal semua liriknya pas ikutan nyanyi.

Sementara, dengerin lagu Indonesia yang baru agak-agak tricky dikit. Banyak yang enak, tapi cuma satu atau dua yang bikin “inilah yang ku cari selama ini!” seperti Bumi dan Bulan forevah. Intinya cocok-cocokan.

Hm.

Jadi kata-kata dalam Bahasa Indonesia yang bikin amaze pertama adalah narasinya Mba Najwa Shihab di MV-nya Kunto Aji Pilu Membiru, katanya:

“Mah, terimakasih telah melahirkan aku. Aku yang masih berjalan sendiri merespon bentuk bahagia. Aku yang kini fasih memikul rasa sedih dan kecewa. Aku yang terus menyamankan diri dari cara takdir membagikan ilmu ikhlasnya.”

Sungguh, mba Najwa, kenapa bisa aja pas dan berarti serta bermakna aja gitu saat berceloteh. 

Kalo diserap satu-satu nih ya, semuanya emang ga ada yang salah. Keterkaitan antara keadaan dan kata-kata yang menjelaskan situasinya (ahem). Kata-kata yang kaya gini nih yang perlu ditiru, jujur dan memberi kejelasan. Bukan ambigu padahal penting untuk di mengerti.

Kedua, liriknya Nadin Amizah di lagu Sorak Sorai/Sorai, katanya:

Kau memang manusia sedikit kata, bolehkah aku yang berbicara? Kau memang manusia tak kasat rasa, bolehkah aku yang mengemban cinta?

“Lihat, cinta mana yang tak jadi satu,”

“Lihat, hati mana yang tak akan jatuh,”

Hm.

Masa-masa patah hati dan denial waktu  itu dibikin sibuk ngapa-ngapain yang ga penting. Ogah dengerin lagu-lagu tertentu akhirnya dengerin lagu Indonesia dan ternyata Nadin ini jago juga nulis lagu sendiri padahal baru ultah ke-20 Mei kemarin ya karena masih kawula muda juga tak ayal akan puitis indie getoh. Tapi lagu Beranjak Dewasa enak banget, dan Sorak Sorai ini yang ternyata ada versi awalnya judulnya Sorai.

Ya... maafkan kalo norak karena baru tau, gue kan ikut-ikutan doang, kalo orang suka ya biasanya gue juga suka. 

Kadang pernah engga, tapi jarang. Yah keseringan preferences ogut ga beda-beda amat, orang suka, kemungkinan besar gue juga suka. Ga menganggap kaya “aku ingin berbeda, ku suka yang limited-limited saja, gue edgy sekaleh.” Semakin tua, ego kayak gini makin pudar. Lagian suka barengan juga enak, bisa ngobrol, diskusi bareng, masalahnya ga ada yang mau diajak bersama hahaha.

Liriknya ya begitu adanya. Liat aja deskripsi di situ lagi merujuk ke seseorang, bikin kesel sendiri karena bener kok ada orang yang kaya gitu. Cocok udah sama yang abis uring-uringan karena cinta. Tsahhhh.

Ketiga, semua lirik lagu Berlari Tanpa Kaki-nya GAC/The Overtunes.

Gak terlalu menohok banget kalo liriknya dibaca doang, tapi kalo sekalian dengerin lagunya… yaudah… pasrah aja kalo keingetan babeh dan enyak.

Sebenernya banyak juga sih yang lain, kaya monolog-nya Junot di Tenggelamnya Kapal Van der Wijck yang menusuk hati Hayati sampe nangis sesegukannya keliatan kaya akting karena emang akting. 

Atau puisi-puisinya Rangga di AADC 2 yang tak ayal ingin dimiliki para wanita. Tapi gue males inget-ingetnya yang lain kalo sekarang udah kecapean nulis sendiri sampe pengen buru-buru diselesain.

Terakhir, terlepas dari polemik dan ketidakjelasan pejabat bangsa ini (lah kok politik tiba-tiba). Gue  merasa bergantung pada beberapa karya Indonesia yang ga semuanya jelek. Emang kudu jadi pemilih dan jeli, tapi kadang karya yang bagus-bagus bakalan nyamperin kok, seringnya sih gitu.

Dan satu lagi yang paling penting: sebenernya lagu Radja yang Januari aku berkenalan denganmu Februari aku mendapatkan cintamu Maret April Mei Juni kita s’makin menyatu (haseekk) ITU EPIC!

Pict Source : Somewhere in The Middle of Tweet's Replies

0 comments:

Post a Comment