Thursday, January 17, 2019

0

Belajarnya mahasiswa tingkat akhir (awal skripsi)


Let me explain you kadar kepinteran gue sampe nyebut-nyebut kata ‘belajar’ ini

Akhir-akhir ini gue lagi mengurangi interaksi sama orang-orang yang bodo amat dah lu maunya apa manusia dan lebih seneng ngedekem di kamar (suer menyedihkan banget hidup I am). Tapi untuk apa? Untuk apa?  Untuk menjadi si Aurora yang baru gue tau kalo dia bego nya kebetulan. Si Aurora ini kan cakep ya tapi kesepian jadilah dia nyanyi di hutan sama burung-burung dan semacamnya trus ketemu pangeran sama cakepnya trus nyanyi lagi berdua trus rayu-rayuan trus pas sampe rumah dia cerita ke ibi-ibu perinya kalo dia udah ketemu nih pangeran dua kali yang pertama barusan yang kedua lewat mimpi gegara tadi nyanyinya gini “I know you, I walked with you ONCE UPON A DREAM”. Gedeg gue gedeg.


By the way, gue diem di kamar selain ga ada pilihan juga ga punya rupiah, mau jalan-jalan ga mungkin tanpa Rp, mau jajan juga mikir dua kali. Jadilah gue berinvestasi dan beralih kepada PAKET DATA. Ya, gue juga malu sendiri ngakuinnya.


Liburan semester kemaren KKN, kemarennya lagi magang, dan semester ini? Persiapan skripsi. Ciyat. Palemu skripsi, judul aja ganti-ganti mulu. Liburan semester ini gue berharap jadi anak Tarbiyah yang lagi sibuk PPL. At least ada kerjaan. But still gue anak ilpus (ilmu perpustakaan) yang ga punya koneksi untuk magang disini dan disitu dan terlalu males untuk kerja padahal butuh uang dan akhirnya malah di kamar terus gelap-gelapan ditemani cahaya biru dari tv yang selalu mengganggu tidurku layaknya Anak yang dicintai Maleficent.


Tadi gue bilang malu kan karena ga kemana-mana sementara temen-temen gue upload foto di hotel. Tapi itu cuma sebentar pemirsah! Perasaan malu itu tetap ada walaupun aku sudah mengikhlaskannya dengan keadaanku yang seperti ini. Okhelah. Jadi lu kemaren-kemaren ngapain pan?


Gue belajar.

What?!

The

Fuk!

Sok iyeh najis.

Serius eh gue belajar

Let me explain you kadar kepinteran gue sampe nyebut-nyebut kata ‘belajar’ ini:

Dari zaman SD dulu gue suka belajar. Serius. Gue semangat banget sama yang namanya belajar. Apalagi kalo belajarnya dirumah sendirian. Gue dulu sampe minta-minta dibeliin meja belajar segede gaban yang ada lampunya trus lacinya banyak ga lupa juga ngerengek ke Gramedia milih-milih pulpen warna-warni sama binder-binderan trus segala macam diary notebook dll yang Alhamdulillahnya semua sarana itu membuat gue suka nulis sampe sekarang.


Namun ketika belajar tersebut diimplementasikan, setelah 15-30 menit gue akan garuk-garuk yang ga gatel, mengantuk, dan pada akhirnya menyerah untuk rebahan dan ketiduran. Selalu begitu, oh dan gue selalu semangat sama yang namanya UAS, selalu nyiapin materi yg mau di hapalin tapi lagi-lagi saat menghapal satu paragraph aku akan selalu terlelap. Keesokan harinya? Aku bangun subuh menghapal kembali dan merutuki diri sendiri mengapa ketiduran dan akhirnya baru belajar pas mepet-mepet.


Kenapa kaga nyontek aja? Liat kunci jawaban? Sesungguhnya selain aku tahu itu dosa aku juga tahu kalau sebenarnya pake kunci itu hanya akan bikin gue ketakutan. Gue greget aja kalo gabisa ngerjain, toh gue bisa ngarang kan? trus ngapain harus nyontek. Kecuali seperti tes TOAFL kemarin aku menyontek karena aku tak tahu apa-apa mengenai BAHASA ARAB. Ya, aku bodoh.


Tapi itu yang bikin kangen rasanya mengenyam pendidikan. Ujian yang seharusnya bisa gue kerjain semua soalnya kalo gue belajar namun lagi-lagi terhambat kemalasan dan pada akhirnya gue hanya akan menjawab yang gue tau aja. Dengan style belajar yang begitu, gue dengan bangga menyatakan bahwa nilai UN gue kaga ada yang dibawah 7,00 dan kebanyakan 9,00 nya hahoh. Ya bodo amat ya kalo lu mikir UN kaga penting. Yang penting, karena gue suka sama konsep ujian dan tes-tes gitu jadinya ya akuh bangga.


Bedanya belajar sebagai siswa sama belajar sebagai mahasiswa tingkat akhir adalah ujiannya. Kalo siswa ujiannya udah keliatan kertas, soal-soal, tak lupa kunci jawaban. Kalo mahasiswa tingkat akhir, hanya ada ujian hidup yang harus kalian lewati, rintangan-rintangan sialan itu… jadi, cara belajar gue juga ganti, dari pada tulis tangan (kecuali mind map), gue prever screenshot, daripada baca rangkuman, gue akan baca satu artikel utuh atau jurnal, dibanding liat poin di ppt, gue akan dengan senang hati nonton video explained sepanjang  30 menit. Kalian juga pasti nyerempet-nyerempet begitu.


Saat ini gue menyimpulkan bahwa kebutuhan kita dalam belajar bukan lagi pada sesuatu yang udah nyata kaya soal ujian tapi lebih kearah sesuatu yang tidak nyata. Maafkan perandaian gue, ini karena gue jarang baca thesaurus Bahasa Indonesia. Tidak nyata disini maksudnya adalah complete a whole things when its incomplete. Maafkan juga bahasa Jaksel gue karena idiom English lebih familiar dan gampang gue cerna dibanding peribahasa Indonesia.


Jadi gini yak, dari semester 1-7 kita selalu di genjot dengan pelbagai teori dan hal-hal strategical lainnya seperti organisasi, beasiswa, kunjungan, magang, dan laporan setelahnya serta tidak lupa juga essay-essay yang menjadi tugas kita. Some are success with their achievement some are just so so kayak gue. Biarkanlah. Jadi! Saat ini! Di akhir masa kejayaan kita sebagai mahasiswa, gue menyarankan melipir dari itu semua dan BELAJAR.


BELAJAR hal-hal yang menurut kita udah kita pelajarin dan melengkapi hal-hal yang perlu ditambel. Dan itu berarti kalo di kasus gue bisa di dalam bidang studi ilmu perpustakaan dan di sisi lain di luar bidang itu sendiri.


Belajar pertama yang lagi gue tambahin di otak dan hati gue adalah soal keimanan. Islam. To infinite and beyond banget. Gue makin cinta amat sama ini ajaran padahal baru mencoba naikin level dikit-dikit. Gue juga gatau patokan level up keimanan gimana apakah intensitas Ibadah, atau pemahaman nya makin clear atau bahkan dengan cuma mengurangi judging sana sini kita juga udah bisa level up. Intinya, sebelum belajar apa-apa belajar agama adalah titik-titik yang  bisa ngubah garis menuju garis lainnya untuk belajar hal lain. ***and for references, kalian bisa baca artikel-artikel di Yaqeen Institute. Mereka ngelakuin research Islam dan Ilmu Pengetahuan gitu salah satunya Psikologi which is I really fond diserempetin sama ayat-ayat Al-Quran yang bikin mind blowing abis.


Kedua, karena eh karena gue orangnya penasaran mulu dan berakibat pada suudzon yang kemudian dikalemkan dengan malaikat baik di dalem otak yang sadar kalo itu gaboleh dan akhirnya husnudzon dan mencari pembuktian melalui pegangan seburuk-buruknya orang itu pastiii ada baiknya juga. Gue kemudian belajar hal-hal yang berkaitan dengan orang. Seperti:


Isu sosial: Intolerasi, Donald Trump, Pelecehan Seksual, Kemiskinan, Perang, sampe Prostitusi.

Atau

Sejarah

Atau

Psikologi

Atau

Recahan twitter. THE BEST!

Atau

Thread twitter. Kusuka keributan!

Efek dari belajar subjek-subjek kesukaan gue ini (selain twitter yang bisa langsung di platform nya langsung) adalah gue makin rajin baca dan melatih analisis gue dengan melewatkan proses negative judging lalu meramu pemahaman dan prespective berdasarkan fundamental nya gue. Hem ribet. Ya namanya belajar. Tapi kalo sekedar baca yaudah gapapa juga intinya kan kita tahu, kita aware. Tapi ada saatnya gue sungguh-sungguh belajar kalo suka banget sama itu topik dan proses nya lumayan cape juga. Bikin otak puyeng muter-muter. Contohnya ketika baca article— nyari benang merah from so many article yang pasti prespective penulisnya yang beda-beda. Nah di sini yang menarik adalah karena gue anak Ilpus (Ilmu Perpustakaan), dalam melengkapi atau nambelin story yang ada di article atau sesuatu yang masih gue belom tau gue bisa nyarinya pake strategi pencarian dan tau sumber-sumber mana yang dipercaya sekalian tau organisasi yang nulis article itu pro kemana dan kontra kemana yah you know lah. Politics. Nah itu salah satunya jadi tau deep depth-nya kalo kalian jago fact-checker.


Setelah belajar gituan, ada manfaat nya ada ga? Oh tentu saja. Belajar mah kan emang udah disuruh sampe akhir hayat. Kalo Tuhan udah nyuruh ya masa ga ada manfaatnya. Yang sampe saat ini gue rasain adalah gue semakin terang. Pandangan, perspektif dan memaknai serta menjalankan kehidupan awal-awal skripsian dengan kondisi yang seperti ini. Seperti yang gue bilang di atas kalo gue udah mulai belajar ga berapa lama pasti gue merasa ngantuk lah males lah mungkin kalian juga gitu tapi semua itu ilang ketika gue excited pengen tau gregetan kalo ga ngerti makanya gue selalu cari tahu biar ga nyesel juga. Belajar itu nothing to lose men.


Pertanyaannya sekarang adalah, “Ada waktu emang belajar gituan? Skripsi gimana, skripsi?”

Underlined this writings is  my sharing about how precious what LEARN is—in our kind of situation (masa awal skripsian). Bukan masalah ada atau tidaknya waktu. Tapi sejauh mana kalian usaha dalam meluangkan waktu. Gue memberi optional dan pandangan kepada kalian semua kalo cara belajarnya mahasiswa tingkat akhir ya ga harus stuck di studi yang kalian skripsiin aja. Masih ada banyak hal yang bisa dipelajarin dan jadi buat bekal kalian di fase berikutnya seperti dunia kerja. Kalo gue udah di tahap itu, gue bakal sharing lagi pastinya.


Sekarang gue ngerti kenapa mahasiswa akhir sering maki-maki skripsi, nyalahin dospem sama nyesel dengan dirinya sendiri karena ga ngerti bidang studi nya. But seriously fren, gue ngerti kenapa mereka mikir begitu tapi gue tidak seperti itu dan semoga tidak akan. Sekarang, gue  mikir skripsi itu sebagai tanggung jawab, kasarnya adalah beban. Iya betul, betul sekali tanggung jawab adalah beban. Tapi setelah belajar sedikit banyak hal, gue positif-in ajalah lah tuh skripsi. Masih awal-awal, tapi ya ku tahu pusingnya sudah terasa… Walaupun awalnya gue pernah marah-marah gegara judul gue kaga di acc—ada di tulisan ini—tapi mendalami sesuatu yang emang diluar dari tanggung jawab adalah holy grail-nya gue.


TERAKHIR. Dengan belajar sesuatu yang ga cuma stuck di bidang studi lu itu melatih kepekaan terhadap apa yang emang terjadi di sekitar kita atau bahkan di luar sana. Dunia dan isinya selalu punya cerita ma fren. Gue juga sekarang menganggap bahwa belajar kepercayaan kita yang kita amat sayangi ini adalah titik baru untuk belajar hal yang lainnya—bukan untuk lebih-lebihan iman, tapi semacam gue punya PR aja sebelum nyusul mama papa kesana. Okeh udah mulai sedih-sedihan so goodbye! Let’s talk about things another time. So loonggg. I hope you learn from this writings. Thank you for spending time to learning. Keep learning. Long –live learning!




0 comments:

Post a Comment